Profil Desa

PROFIL DESA

KONDISI UMUM DESA JUNGSEMI

 

1.1    Kondisi Geografis

Berdasar letak Geografis wilayah , Desa Jungsemi berada di sebelah barat utara Ibu Kota Kabupaten Kendal. Desa Jungsemi merupaka salah satu desa di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, dengan jarak tempuh ke Ibu Kota Kecamatan 2 Km dan ke Ibu Kota Kabupaten 20 km/mil laut, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 (dua) 45 – 50 menit.

Batas- batas Desa Jungsemi adalah:

Sebelah utara Laut Jawa

Sebelah Timur Desa Tanjung Mojo, Kali Blukar

Sebelah selatan Desa Karangmalang Wetan dan Desa Kangkung

Sebelah Barat Desa Karangmalang Wetan

Desa jungsemi berada di LS 6^54’26.3” BT 110^07’12.3” dengan ketinggian 10m diatas permukaan laut Luas wilayah daratan Desa Jungsemi adalah 623,6 Km² dengan panjang pantai 2.52 Km². Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokan seperti fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain.

Secara administratif wilayah Desa Jungsemi terdiri dari 27 (dua puluh tujuh) RT, dan 4 (empat) RW, meliputi 3 (tiga) dukuh yaitu : Dukuh Srandu, Dukuh Clumprit, dukuh Kemejing. (Peta Desa terlampir).

Secara topografi Desa Jungsemi berada di bagian utara Kecamatan Kangkung dengan seluruhnya berada pada dataran rendah.

Dengan kondisi topografi demikian, Desa Jungsemi memiliki variasi ketinggian antara 1 m sampai dengan 11 m dari permukaan laut. Daerah terendah adalah di wilayah pinggir pantai dan Daerah yang tertinggi berada di wilayah RT 06/RW 03.